Selasa, 29 Maret 2011

Belajar Hidup

"Belajar Hidup"

Tadi pagi senang skali sudah mulai kegiatan "santapan ruhani" setelah sebulan libur krn jdwl sekolah anak2 kan libur, jd kita ibu2 jg jdwl pengajian off. Secara berasa udah LOBAT (alias Low Battery niih...). Kudu segera di re-charge hati nurani kita pastinya! Jangan sampai kondisi ruhaniah kita kering kerontang kurang asupan santapan ruhani.

Narasumber pagi tadi adalah Pak Ustadz Budi Prayitno. Awalnya aku tahu materi yg akan diberikan adalah "Belajar Bahagia", waah asik nih sapa yg nggak mau BAHAGIA! Oke bangeud! Selanjutnya setelah membuka acaranya, kok judul yg muncul jd "Belajar Hidup"?!

Ternyata untuk mencapai apa yg disebut BAHAGIA kan ada tahapnya! Sekarang kita sedang menjalani keHIDUPan, so kita harus terlebih dahulu belajar tentang HIDUP!!

Bener bgt... Sekarang apa yg kita ketahui ttg HIDUP? Yang terlintas di pikiranku, yaa ini sebatas yg aku tahu, kita manusia dikasih kesempatan untuk HIDUP di dunia ini yg SEMENTARA, cuma numpang lewat, karena tujuan akhirnya adalah HIDUP di alam akhirat! Karena cuma 'numpang lewat' maka kita kan kudu siapin tuh 'bekal+amunisi' untuk sampai ke tempat tujuannya!

Kata Pak Budi, Allah SWT menjadikan kita manusia sebagai mahlukNya dengan tujuan :
- diciptakan untuk beribadah (Az Dzariyat : 56);
- diciptakan untuk menjadi rahmat bagi semesta alam (Al Anbiya : 107);
- diciptakan dalam keadaan yg sebaik-baiknya (At Tiin : 4)
.

Pastinya kita sebagai Mahluk Ciptaan Allah haruslah TAAT pd Sang Pencipta. Apalah arti kita yg sangat keciiiil di hadapanNya, jangan sombonglah, krn Allah Sang Maha Pencipta. Lakukanlah ibadah padaNya. Dengan beribadah pada Allah, kita berharap pahala untuk bekal kita. IBADAH itu :
- kita menghamba pada Allah;
- menidiakan diri kita di hadapanNya;
- melaksanakan perintah Allah;
- meninggalkan laranganNya:
- mengharapkan balasannya yg tdk terhingga... Subhanallah!

Coba bayangkan bila kita lakukan kegiatan ibadah tsb dengan niat Lillahi ta'alaa... Wah indaaah sekali yah! Banyak sekali bentuk kegiatan ibadah yg bs kita lakukan sebagai wujud cinta dan taatnya kita... INDAHnya ibadah ketika melakukan :
- saat berWUDHU -> Allah menggugurkan dosa-dosa kita;
- saat SHALAT -> diampuni dosa-dosa dan rasakan betapa dekatnya dgn Allah (shalat kan bisa kita anggap sedang BERKOMUNIKASI dgnNYA);
- saat PUASA -> meraih derajat taqwa;
- saat HAJI -> digugurkan dosanya, diijabah doanya dan dijanjikan Surga.
Subhanallah betapa benar indah aktivitas IBADAH yg dpt kita lakukan sebagai wujud taatnya manusia pada Sang Khaliq!

Manusia diciptakan sebagai suatu RAHMAT bagi alam semesta! Allah menjadikan sesuatu pastilah dengan tujuan mulia. Bayangkan, adanya kita ini sebagai suatu 'rahmat' bagi alam semesta ini. Yang paling utama bagi manusia adalah saat kita bisa menjadi sesuatu yg BERMANFAAT bagi lingkungan sekitar dan alam semesta ini. Jadi manusia bukan untuk sebagai perusak atau penghancur di antara sesama mahluk ciptaan Allah. Jadilah mahluk penyayang sesama, dengan menyayangi kaum fakir miskin, anak yatim, peduli akan lingkungan di sekitar kita, merawat dan menjaga kelestarian alam semesta! Dengan demikian Allah jg pasti menyayangi kita....

Hadist Rasulullah ttg "Amal yang Paling Utama" adalah memasukkan rasa bahagia ke dalam qalbu orang mu'min, yaitu dengan membebaskannya dari rasa lapar, melepaskannya dari kesulitan-kesulitan dan membayarkan utang-utangnya.

Selanjutnya Pak Budi menerangkan ttg tidak ada kebajikan Utama setelah Iman yaitu selain mendatangkan MANFAAT bg org lain dan tidak ada kejelekan yg lbh jahat setelah MUSYRIK, selain mendatangkan kesengsaraan pd org lain.

Makanya perbanyaklah kita berbuat baik yg bs mendatangkan energi positif buat kita dengan manfaat dan pahala! Sebaliknya berusalah tidak melakukan hal2 yg membuat org lain susah dan rasa bersalah, membuat keadaan sengsara seseorang, dlm keadaan tertekan/terpojok, krn itu akan mendatangkan kerugian jg buat kita sendiri, nggak bakal jadi pahala buat kita!

Sebaik2nya penciptaan Allah adalah :
-Tidak ada yg KEBETULAN;
-Tidak ada yang "Accident" terjadi begitu saja secara tiba-tiba, namun semua dengan "By Design";
-Ada sesuatu yang AGUNG di balik ini;
-Bagaimana Alam Semesta diciptakan
.

Dalam hidup kita memang tidak ada yg kebetulan begitu saja! Allah menciptakan segala sesuatunya itu termasuk kita manusia ini dengan suatu perencanaan terbaik pastinya! Sebagai suatu GRAND MASTER PIECE yang tidak ada duanya THE BEST, karena Allah SWT sebagai Sang Khaliq. Apapun yg terjadi, itu sdh ada SKENARIOnya dari Allah, bukan dengan secara tiba-tiba terjadi aja! Karena Allah adalah Yang Maha Agung, tdk ada tandingannya Allohu Akbar! Semua ciptaanNya apapun itu bentuknya, YAKINLAH semuanya adalah dlm keadaan, situasi dan kondisi yg SEBAIK-BAIKNYA dan pasti yg TERBAIK. Untuk itu bersyukurlah atas segala nikmat karuniaNya! Jangan pernah kita dustai kan?

Sungguh dalam menjalani HIDUP ini kita harus tahu aturan2nya sehingga kita tahu bagaimana kita menjalaninya, untuk tahu aturan mainnya, maka BELAJARlah kita untuk mengetahui apa HIDUP itu. Kalau kita tidak ada kemauan untuk belajar, maka kita akan tenggelam dalam ketidaktahuannya... Naudzubillah min dzalik....

Banyaklah belajar dengan membuka dan mengkaji isi Al Quran dan Hadist Rasulullah. Karena Allah sdh kasih semua ketentuan sbg 'TOOLS'nya untuk hidup di dunia, jadikan pedoman hidup manusia. Al Qur'an harus jd pegangan kita hidup di DUNIA, bukanlah hidup kita nanti di AKHIRAT.

Allah banyak sekali memberikan ganjaran pahala yg besar apabila kita melakukan suatu amal shaleh. Kalau mau tahu, maka harus buka dan laksanakan ketentuan dalam Qur'an dan Hadist. Seperti yg dipaparkan Pak Budi, yaitu :
- barangsiapa di waktu pagi berniat membela org yg teraniaya & memenuhi kebtuhan seorang muslim, baginya ganjaran spt ganjaran haji yg mabrur. Subhanallah, ini baru niat, apalagi kita bs melaksanakan amalan tsb.
- barangsiapa yg berjalan untuk memenuhi keperluan saudaranya pada suatu saat di siang hari atau malam hari, baik ia berhasil atau tidak, maka itu lebih baik baginya daripada ibadah I'tikaf 2 bulan. Ya Allah sungguh baik, Dia berikan ganjaran yg besar di saat kita bs menolong sesama kita.
"Hamba yg paling dicintai Allah adalah yang paling bermanfaat bagi manusia".....

Jadi... Mulailah kita untuk bertafakur....
- seberapa besar rasa syukur kita pada Allah?
- seberapa besar rasa terima kasih kita pada Allah?
- seberapa banyak waktu yg telah kita persembahkan untuk Allah?
.... Atau kita hanya jd hamba yg pandai mengeluh dan lupa pada segala nikmat yg telah dan selalu kita terima dariNYA?.....Duuuh jgn smp kita jd manusia yg kufur atas nikmat karuniaNYA... Jadikanlah kami sbg orang2 yg slalu bersyukur padaMu....

Selanjutnya Pak Budi menyampaikan ttg "Simpul Hidup".... yaitu bahwa maut dan hidup diciptakan Allah, dengan tujuan agar Allah mengetahui siapa yg amalnya paling baik (Al Mulk:2). Jadi Allah pasti akan tahu siapa di antara mahlukNya yg menjalankan perintahNya, siapa yg melanggar ketentuanNya... Untuk selanjutnya dihisab...

Hidup di dunia cuma sementara, masa' sih tdk kita pergunakan sebaik2nya? Apa nggak takut dgn hisab Allah nantinya? Sudah pernah bayangkan keadaan neraka yg panas membara? Ya Allah, aku takut akan nerakaMu, bimbinglah hamba selalu dalam Jalan LurusMu... Jalan org2 yg Engkau ridhoi....

Allah akan berikan ujian buat kita. Akan banyak macamnya ujian tsb, bisa sakit, berupa kekurangan harta, namun bisa juga ujian yg berupa kenikmatan, misalnya hidup sangat berlimpah tanpa pernah susah. Jangan salah, Allah ksh banyak harta juga ujian buat kita, ujian bertanggung jawab atas harta yg berlimpah, nanti di akhirat, akan ditanya pasti sdh dipakai apa saja harta tsb oleh kita? Smg harta tsb digunakan di Jalan Allah....

Bila kita berhasil lolos berbagai ujian hidup yg diberikan Allah dgn segala bentuk dan macamnya, maka Allah janji kasih kita SURGA! Mau bangeet.... Banyaklah bersyukur padaNya. Jangan banyak mengeluh.

Hidup ini harus dilalui dgn BAHAGIA, aku harus selalu merasa dan menanamkan Positive Thinking dan Feeling dalam qalbuku. Aku memiliki kehidupan yg seimbang, Allah limpahkan segala hal yang sebaik-baiknya dan semua CUKUP! Living in harmony... Dgn merasa CUKUP, kita akan sangat bersyukur atas semua limpahan nikmatNYA!

Makanya supaya bs lulus dan naik tingkat atas "Ujian Hidup" yg diberikan Allah, kita haruslah RAJIN BELAJAR HIDUP.... Dgn rajin belajar maka smua materi kehidupan yg dipaparkan dalam Quran dan Hadist bisa kita aplikasikan dalam menjalankan hidup sementara di dunia ini. Semoga Allah selalu bimbing kita yaa... Agar lulus ujian hidup dan selalu bisa BAHAGIA jalankan hidup ini dgn tujuan mencapai SURGA Sang Khaliq semata. DUNIA BAHAGIA AKHIRAT SURGA!!

Nah, begitulah resume "santapan ruhani" dari Pak Budi Prayitno ttg "Belajar Hidup", minggu depan kita akan lanjut ttg "Belajar Bahagia".

Semoga sharing ini manfaat, mohon maaf bila ada salah atau kurang dalam pemaparannya. Sungguh hanya Allah yg Maha Sempurna....

Regina
Bandung, 5 Agustus 2009

Sumber :
-Materi Pengajian MT Karima
-Materi Parenting Class Mutiara Bunda
-Materi Pelatihan Bening Jiwa bersama Auk Murat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar